WARTA 24 BANTEN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Lobi Lahan Terminal Merak, Dirjen Perhubungan Darat Datangi Plt ...

Posted by On 05.25

Lobi Lahan Terminal Merak, Dirjen Perhubungan Darat Datangi Plt ...

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi

CILEGON â€" Dirjen Perhubungan Darat pada Kemenhub RI, Budi Setiyadi mendatangi Kantor Walikota Cilegon, Rabu (29/11/2017). Dalam kunjungannya Budi bertemu dengan Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi.

Pertemuan dilaksanakan secara tertutup di ruangan Plt Walikota sekitar 30 menit.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengaku dalam pertemuan itu pihaknya membicarakan perihal Terminal Terpadu Merak (TTM), dimana terminal tersebut bakal diintegrasikan dengan Dermaga Premium Pelabuhan Merak.

“Pertemuan saya ini kan hasil kunjungan ke Terminal Terpadu Merak bersama Dirut PT ASDP I ndonesia Ferry, dimana di terminal itu ada potensi yang segera kita tingkatkan fungsi dan peran TTM. Sebenarnya saya lihat, dulu mungkin ada rencana pembangunan kesana dan untuk pelayanan masyarakat. Tapi mungkin karena ada perpindahan aset dari daerah ke pusat, akhirnya sementara terhenti,” ujarnya ditemui wartawan setelah melakukan pertemuan.

Melihat potensi yang cukup besar, kata dia, pihaknya menemui langsung Plt Walikota Cilegon. Namun demikian dalam pengembang potensinya ada kendala. Dimana di lahan TTM ada lahan milik Pemkot Cilegon.

“Dengan melihat potensi itu kita perlu bicara dengan pak wali dimana ada lahan yang belum diserahkan ke pusat. Saya sedang bicara dengan beliau, dimana ini bisa dijadikan satu kesatuan. Sehingga fungsi terminal ini bisa meningkat dari yang sekarang,” ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa TTM kedepan akan dijadikan moda transportasi modern yang tersedia dengan moda transportasi seperti kapal, kereta, bus dan angkot.

“J adi nanti di terminal ini ada beberapa moda seperti kapal, bus, angkot dan kereta. Kan enak masyarakat tinggal pilih moda transportasi yang diinginkan mau nyeberang ke Lampung atau sebaliknya. Jadi nanti akan kita tata supaya menjadi satu kesatuan,” terangnya.

Dia mengungkapkan bahwa moda transportasi terintegritas itu merupakan permintaan PT ASDP Indonesia Ferry untuk mengintegrasikan dermaga Premium Pelabuhan Merak.

Namun demikian, karena di dalam TTM ada lahan milik Pemkot Cilegon, maka perlu merundingkannya dengan pemerintah daerah.

“Ada permintaan peran pemerintah daerah tidak dihilangkan. Sementara ini kan ada retribusi daerah, nah itu jangan sampai dihilangkan, kalau bisa retribusi tetap masuk ke Pemkot Cilegon. Begitu permintan pak wali ya. Secara regulasi nanti saya akan komunikasi dengan Kementerian Keuangan,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Andi Affandi menyatakan bahwa pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Darat te rsebut adalah langkah awal dalam pengelolaan lahan Pemkot Cilegon di TTM.

Dia menyatakan bahwa Pemkot harus tetap mendapatkan retribusi dari pengelolaan TTM.

“Jadi ada lah sharing pendapatan antara Kementerian Perhubungan dengan Pemkot Cilegon untuk kas daerah. Kita harapkan kita tetap mendapatkan retribusi. Namun kita ingin lebih detail dalam membicarakan hal ini. Sehingga perlu ada agenda tersendiri terkait hal ini,” imbuhnya. (Man/Red)

Terkait

Sumber: Google News | Warta 24 Cilegon

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »